MEMINIMALKAN KEMISKINAN INDONESIA

Dengan semakin berkembangnya jumlah penduduk Indonesia, diharapkan sumber daya manusia pun dapat meningkat lebih pesat demi kesejahteraan bangsa. Namun, pertumbuhan penduduk yang ada, tidak memberikan dampak yang begitu kuat terhadap perkembangan perekonomian. Oleh karenanya, Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan diskusi terbuka bersama Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Bapak Eko Putro Sanjoyo.

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.00 WIB Kamis, 8 September 2016 di Gedung Olahraga UNP yang dihadiri oleh Rektor Universitas Negeri Padang, Bapak Prof. H. Ganefri M.pd P.hD, Gubernur Sumatera Barat, Bapak Prof. Dr. H. Irwan Prayitno S.Psi, M.Sc, serta seluruh mahasiswa UNP. Dalam sambutannya, Rektor UNP mengharapkan adanya peningkatan pembangunan untuk pergerakan ekonomi negeri. Hal serupa juga dituturkan oleh Gubernur Sumbar yang menyatakan bahwa pembangunan telah difokuskan pada desa sebagai garda terdepan. Beliau juga mengungkapkan bahwa tingkat kemiskinan Rakyat Indonesia telah menurun setiap tahunnya setelah dilakukannya program pemberdayaan pada masyarakat desa, juga peningkatan infrastruktur pada petani khususnya.

Sebagai pemateri pada hari itu, Mentri desa dan pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi Republik Indonesia, juga mengungkapkan beberapa keterangan mengenai junlah penduduk Indonesia yang selalu meningkat setiap tahunnya bersamaan dengan jumlah angkatan kerja. Pada daerah pedesaan, skala ekonomi yang tidak memadai mengakibatkan petani tidak memiliki kemampuan, pengetahuan yang rendah, biaya produksi yang mahal sehingga harga jual menjadi murah. Beliau mengungkapkan pada seluruh peserta yang datang untuk memfokuskan sumber daya alam yang ada, sehingga angka kemiskinan di negara kita bisa diminimalkan lagi.

Reporter      : Katrina Vabiola

Cameramen : Fajra Dani & Triaryo Icksan

Editor          : Dina Oktarina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *